Minggu, 26 Februari 2012

Apa itu Planologi..????!

   Mendengar kata "PLANOLOGI" mungkin hampir tidak banyak orang tahu dan mengerti, apa sih Planologi?? Bahkan banyak yang menafsirkan PLANOLOGI adalah kerabatnya Jurusan Biologi, Plantologi dan masih banyak lagi masyarakat di luar sana yang masih belum memahami. Hingga suatu ketika ada seorang masyarakat di luar sana yang bertanya  "anda kuliah di jurusan apa?"
"Jurusan Planologi Pak". Jawab si mahasiswa...
Si bapak pun balik bertanya "apa itu Planologi?"
Daloam kondisi yang demikian tentunya, kita (Mahasiswa/i Planologi) dituntut mengetahui sampai sejauh mana kita bisa menjelaskan apa itu Planologi, dan ini penting lo bagi kamu para Planner..!! lantas apa kaitan PLANOLOGI dengan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota?
      PLANOLOGI berasal dari bahasa yunani, yang terdiri dari dua suku kata, yaitu PLAN dan LOGOS. Plan yang artinya Rencana dan Logos adalah ilmu, jadi jika diartikan secara keseluruhan artinya adalah Ilmu Perencana. Dan kaitannya dengan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota sebenarnya tidak ada yang berbeda, hanya penggunaan kata saja yang digunakan guna memberikan kemudahan dalam menjelaskan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. dan hal ini juga terjadi di Jawa mengenai ketidakpahaman akan arti cabang ilmu PLANOLOGI. Semoga ini bisa membantu teman-teman di luar sana jika suatu ketika orang bertanya apa itu PLANOLOGI... :)

Sumber: Ruang Ekspresi
(Media Ekspresi Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UIR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar